cara membuat penurun tegangan DC adaptor, dengan IC 78xx step down DC to DC


       Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana sih caranya menurunkan tegangan dari 12v menjadi 9,8,6,5v atau dari 24v menjadi 15,12,9,8,6,5 dan seterusnya, saya mendapat pertanyaan ini ketika tahu bahwa arduino memerlukan sumber tegangan 9v sedangkan saya memiliki adaptor 12v sebenarnya ingin membeli tapi karena uang belum mempunyai ya mau gimana lagi terpaksa cari jalan ke 3, wkwkwkwkw, sebelumnya disini saya menggunakan IC 78xx (xx itu nilai belakang ic contoh 7809,7808,7806 dan seterusnya) tapi saya sering sebut ic ini transistor entah itu benar atau tidak karena ic ini memiliki 3 kaki coba kasi masukan di komentar di bawah tar yaa,,,,

      Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu IC 78xx nah ic 78xx adalah ic regulator tegangan yang biasanya digunakan pada sirkuit elektronik yang membutuhkan power supply, seperti misalnya pre mic, tone control dan masih banyak lagi yang lainnya tapi disini saya akan gunakan pada arduino saya karena arduino memerlukan tegangan 9v.

       Kemudahan menggunakan IC 78xx ini yang menjadi daya tarik tersendiri sudah mudah murah lagi wklwkwk, IC ini bisa bekerja sendiri tampa komponen lain asalkan arusnya sudah seara atau DC tetapi jika tidak seara maka diperlukan Dioda untuk mengubah arus tidak seara menuju arus searah.

       Baik langsung saja kalian ikuti langkahnya tetapi sebelum itu kalian persiapkan dulu bahannya :
1. IC 78xx(sesuai kebutuhan kalian, saya menggunakan 7809 dan 7806 saya akan buat paralel)
2. Dioda (jika kalian menggunakan arus tidak searah seperti trafo)
3. Elco (tidak wajib tetapi lebih baik berisi untuk stabilnya, gunakan volt yang diatas outputnya dan micronya semakin besar semakin bagus)
4. Pcb(tidak wajib kalian bisa merakit tanpa PCB)
5. Dioda( jika kalian menggunakan trafo wajib jika menggunakan adaptor tidak perlu)

      Setelah bahan semuanya telah siap kalian tinggal rakit sesuai skema di bawah ini, oh iya input dari 78xx ini letaknya di depan yakni di angka 7 dan outputnya di angka terakhir ground berada di tep tengah. kalian ikuti skema di bawah ini jika kalian menggunakan trafo kalian wajib membuat atau menggunakan dioda agar arus dari trafo menjadi searah.
      Buat sesuai dengan skema diatas jika kalian menggunakan sistem saya yang paralel gunakan output pertama untuk menjadi input pada IC berikutnya kalian juga bisa gunakan yang sendiri sendiri input langsung dari out trafo atau adaptor itu terserah kalian,,, cukup sekian dan terimakasi jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah........

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara membuat penurun tegangan DC adaptor, dengan IC 78xx step down DC to DC"

Posting Komentar