membuat file g-code dengan inkscape untuk mini cnc hanya 1 menit



         File Gcode itu kita kenal dalam dunia robotik yah walaupun saya baru mengenal dunia robotik tidak apalah sambil belajar dan mengingat, file g code itu adalah file yang akan menjalankan robot atau dengan kata lain file g code adalah file yang dapat dibaca oleh microcontroler untuk memerintah robot itu sendiri, kali ini saya menggunakan file g code untuk menjalankan mini CNC yang saya buat dari dvd rom bekas.
Baca juga : cara mencoba dinamo bipolar, testing dinamo bipolar.

        Awal mula saya mendapat idenya saya berfikir bagaimana cara membuat mesin yang bisa menggambar sendiri?? saya search sana sini akhirnya nemu dengan mesin yang namanya CNC ( computer numerically controlled ) saya melihat yang besar besar saja dengan biaya yang lumayan banyak dan saya kepikiran apakah bisa dari dinamo bipolar dvd rom bekas itu kita gunakan untuk CNC dan saya search lagi akhirnya nemu.
Baca juga : Membuat saklar suara dengan arduino.

      Saya membuat mini CNC dari 2 dvd rom bekas dan 1 buah servo motor serda driver shield l293d dan yang pastinya juga dengan bantuan dari micro controler arduino uno r3. saya rakit sedemikian rupa melihat dari contoh yang ada karena saya tidak mempunyai printer 3D jadi saya kreasikan bahan bahan bekas untuk digabungkan ke mesin mini CNC menggantikan bahan yang dibuat dari printer 3D. saya rakit sampai akhirnya tergabung semua awalnya kendala saya pada bagian penggerak pulpen karena di contoh menggunakan bahan dari printer 3D jadi saya sedikit kesulitan tapi saya tidak kekurangan akal,, wkwkwk saya gunakan kotak paser serta tutup depan dvd rom yang saya bongkar. sampai akhirnya jadi seperti ini.
       Gambar diatas adalah mini cnc yang saya buat sendiri. setelah selesai saya mencoba menjalankannya dan alhasil sukses seperti vidio di atas, disini saya menggunakan bantuan dari aplikasi inkscape aplikasi olah vector propesional dan juga dengan tambahan extension gcode.
baik sekarang langsung saja persiapkan bahannya :
1 inkscape
2. Extension inkscape
Catatan : download inkscape versi terbaru dan juga extensi versi terbarunya. Kalian bisa download langsung di google.

       Instal aplikasi inkscape sesuaikan dengan pc kalian.
setelah itu kalian copykan file yang ada dalam extensi g code itu ( dalam folder src) copykan ke lokal disk C => program file(x86)=>  inkscape=> share=> extension dan pastekan. maka otomatis extensi gcode sudah ada di aplikasi inkscape, jika kalian tidak memasukkan extensinya maka extensi gcode tidak akan ada.

     Buka aplikasi inkscape lalu ubah ukuran dokumen menjadi 8 CM x 8 CM setelah itu buat gambarnya di pojok kana atas jangan melebihi pertengahan karena kita menggunakan mini cnc. jika sudah selesai kalian save dengan extensi gcode lalu jalankan pada cnc kalian, selesai dan terimakasi semoga bermanfaat.

     Atau jika kalian ingin mencoba file gcode ini untuk contoh download disini

Simak : Cara membuat penurun tegangan dengan ic 78xx, murah dan mudah.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "membuat file g-code dengan inkscape untuk mini cnc hanya 1 menit"

  1. kalo file dari corel draw gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coral draw termasuk ke dalam program design animasi dan seni bukan untuk menjalankan sebuah program jika mau dapat menggunakan autocad, inventor, catia, dan sebagainya tetapi untuk coral draw tidak di anjurkan

      Hapus
  2. Bisakah diberi tau link download inkscape yg sinkron dgn extensionnya?

    BalasHapus
  3. Extensi gcode download dimana?

    BalasHapus