menggerakkan stepper motor basics-bipolar motor dengan arduino dan motor driver l293d



          Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggerakkan dinamo bipolar, sebelum lanjut kalian harus tahu dinamo bipolar itu apa dan seperti apa. Motor bipolar itu mempunyai empat kaki dan menggerakkan dinamo bipolar harus dengan pulsa yang berubah ubah dari negatif ke positif dan sebaliknnya dari positif ke negatif, karena itulah diperlukan rangkaian yang dapat membuat pulsa berubah ubah disini saya menggunakan arduino uno r3 dan driver motor l293d lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.....
Baca juga Membuat saklar suara dengan arduino



        Nah setelah kalian tahu sedikit tentang dinamo bipolar kalain bisa langsung mencobanya setelah arduino dan driver motor telah kalian siapkan kalian tinggal rakit karena driver motor itu shield jadi tinggal pakai atau satukan dengan arduino uno,mega setelah itu kalian sambungkan phase dinamo ke driver l293d (spul dengan spul) jika kalian tidak tahu yang mana spulnya kalian coba tes dulu dengan apometer atau kalau tidak ada gunakan carger hp caranya :
1. ambil carger hp
2. lalu kupas kabelnya dan cari + dan - (kabel carger yang rusak atau jelak tapi masih nyambung)
3. kalian coba sambungkan ke dinamo jika dinamo bergerak sedikit itu artinya kalian menemukan spulmya dan itulah kalian pasang misal spul 1 di M3 dan spul 2 di M4.

     Setelah semuanya selesai kalian tinggal upload codingnya ke arduino, file coding ada di bawah..
oh iya jika kalian menggunakan bantuan tenaga dari luar untuk driver shieldnya kalian cabut jumper yang ada di sebelah konektor power inputnya.

    Jika coding telah selesai di upload kalian tinggal coba menggunakan carger hp atau langsung dari komputer juga bisa dan selamat dinamo bipolar telah berhasil kalian jalankan, karena menjalankan dinamo bipolar tidak seperti menjalankan dinamo biasa seperti dinamo tamiya yang hanya memiliki dua kaki artinya dinamo tamiya memiliki 1 spul aktif......
Baca juga Cara membuat modul relay arduino sendiri

Coding Download Disini.

Jika kalian ada kesulitan kalian bisa tonton vidio diatas, dan jangan lupa tinggalkan komentar kalian apakah berhasil atau ada kegagalan, dan semoga berhasil sekian dan terimakasih.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "menggerakkan stepper motor basics-bipolar motor dengan arduino dan motor driver l293d"

Posting Komentar